BERANDA · BLOGGING · INTERNET · TEKNOLOGI ·

Artikel Dicuri ? Itu Sudah Resiko Jadi Seorang Blogger.

Artikel sebuah blog yang orisinil sudah menjadi kebanggaan sendiri bagi pemiliknya, karena artikel blog tersebut dibuat dengan pikiran dan kerja kerasnya sendiri, sehingga artikel tersebut sudah tentu satu-satunya artikel yang ada dan tidak ada yang menyamai, meski banyak yang membahas topik serupa dengan artikel tersebut.

Namun, betapa kagetnya seorang Blogger yang menuliskan beberapa kalimat dari artikelnya di kolom pencarian Google , kemudian menemukan ada blog lain yang memiliki artikel sama persis dengan artikel blognya. Dengan penuh keheranan "kenapa ada blog lain yang artikelnya sama persis dengan blog saya?"

Ternyata artikel si Blogger tersebut dicuri oleh salah satu pengunjung dengan cara meng-copas artikel dan di publish ulang pada blog si pencuri artikel tersebut.

Jika anda mengalami hal seperti diatas ... Jangan emosi dulu dan jangan langsung koar-koar di grup Blogger kalau ada seseorang yang mencuri artikel dari blog anda. Saya beritahukan kepada anda, bahwa hal seperti itu memanglah kasus biasa dan banyak terjadi atau dialami oleh banyak Blogger. Artikel dicuri itu sudah menjadi resiko menjadi seorang Blogger atau seseorang yang menulis di blog.

Sesuatu yang disediakan untuk publik dan disediakan secara gratis memang rawan pencurian, artikel pada blog salah satunya, tulisan yang tersedia untuk publik dan dapat diakses siapa saja serta dapat dibaca secara gratis juga rawan pencurian. Dan itu memang sudah terjadi sejak lama sekaligus menjadi resiko yang harus dihadapi oleh setiap Blogger.

Tetapi jangan panik jika artikel anda banyak yang copas dan anda takut jika kalah saing pada posisi hasil pencarian dengan blog yang meng-copas artikel anda. Karena siapa yang meposting lebih dulu akan selalu ada diatas, Google mengetahui mana artikel orisinil dan mana artikel hasil copas melalui tanggal posting artikel.

Artikel copas tidak akan bisa menempati urutan teratas di hasil pencarian, sebaliknya artikel copas akan selalu ditenggelamkan oleh Google karena blog sudah terdeteksi sebagai "pencuri artikel".

Semakin canggihnya teknologi dari mesin penelusur, terutama Google, artikel copas atau artikel hasil pencurian dari blog lain akan mudah diketahui oleh Google dan akan ditindaklanjuti oleh Google secara adil.

Sebagai seorang penulis artikel atau seorang Blogger, anda tentunya harus selalu siap dengan resiko yanh sewaktu-waktu datang dan mengganggu proses saat anda ngeblog. Anda tentunya juga harus memberi pengaman blog agar artikel tidak mudah dicuri atau dicopas serta memperingatkan pengunjung blog untuk selalu menyertakan link sumber artikel jika ingin mencopas artikel dari blog anda.

Pencurian artikel pada blog memang resiko yang sering terjadi, tetapi tenangkan hati anda, karena kecanggihan Google semakin berkembang.

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Artikel Dicuri ? Itu Sudah Resiko Jadi Seorang Blogger."

Post a Comment